Penguatan kualitas jurnal Indonesia

Program #1000 JURNAL TERAKREDITASI 2021 oleh Relawan Jurnal Indonesia (RJI) ini fokus pada jurnal yang belum terakreditasi agar dapat mendaftarkan jurnalnya hingga terakreditasi. Seperti yang telah diketahui bersama bahwa Akreditasi Jurnal Nasional (ARJUNA) adalah bentuk pengakuan oleh Pemerintah terhadap kualitas tata kelola dan substansi jurnal. Oleh karena itu, melalui Program Supervisi Jurnal oleh RJI ini, diharapkan pengelola jurnal mendapat catatan, masukan serta saran terbaik dari RJI untuk pengembangan jurnal agar siap dalam mengajukan Akreditasi Jurnal Nasional.

Program ini merupakan bentuk transfer pengetahuan terkait praktik tata kelola jurnal ilmiah nasional. Transfer pengetahuan dari Tim Supervisor RJI yang memiliki kepakaran di bidangnya kepada para pengelola jurnal yang mengajukan supervisi. Sehingga target jurnal untuk terakreditasi, terindeks dan lainnya dapat dicapai dengan baik.

Statistik menunjukkan terdapat lebih dari 5000 jurnal dan lebih dari 1500 publisher/ institusi (doi.relawanjurnal.id) yang mengurus DOI melalui RJI belum semua terakreditasi nasional (SINTA). Sehingga, RJI mengambil tanggung jawab ini melalui Program #1000 JURNAL TERAKREDITASI 2021 untuk lebih intensif melakukan supervisi/ pendampingan bagi jurnal khusus di bawah Sponsored Member RJI maupun jurnal di Indonesia pada umumnya.

Target Peringkat Akreditasi

Memfasilitasi pengelola jurnal untuk mempersiapkan jurnalnya dengan baik. Sehingga perolehan peringkat Akreditasi Jurnal Nasional (ARJUNA) dapat dicapai sesuai target.

Sarana Reakreditasi

Optimalisasi kesiapan tata kelola jurnal ilmiah untuk mengajukan kembali akreditasi jurnalnya untuk naik peringkat.

Sarana Diskusi

Media untuk berdiskusi secara langsung bersama Tim Supervisor RJI terhadap berbagai persoalan dalam pengelolaan jurnal ilmiah baik bidang manajemen pengelolaan maupun kualitas isi artikel.